Cara Membuat Setrum Ikan Dengan Cdi Motor

Cara Membuat Setrum Ikan Dengan Cdi Motor

Posted on

Cara Membuat Setrum Ikan Dengan Cdi Motor – Aktivitas mencari ikan dapat dilakukan dengan berbagai macam cara misalnya seperti dengan memancing, dan memanfaatkan alat sederhana yang memang cukup mudah untuk kita jumpai. Umumnya aktivitas tersebut merupakan sebuah hoby, hanya saja kita juga bisa memanfaatkanya untuk kebutuhkan sehari-hari seperti untuk dikonsumsi atau bahkan dijual.

Teknik yang paling populer dalam mencari ikan ialah dengan cara memancing, namun jika tujuan kita bukan hanya sebatas hoby biasanya orang lebih banyak menggunakan teknik lain seperti menjala, meracuni ikan hingga menggunakan alat strum. Nah untuk teknik-teknik tersebut, kita bisa membuat alatnya dengan memanfaatkan barang-barang bekas seperti strum ikan yang mana bisa kita buat dengan Cdi motor.

Sementara untuk cara pembuatanya sendiri terbilang tidak begitu sulit, dan bagi Anda yang ingin mencoba membuatnya dibawah ini kami akan memberikan langkah-langkah yang bisa Anda praktekan. Hanya saja tutorial ini tidak terkait dengan cara membuat strum ikan tanpa platina, karena memang dalam pembuatanya kita akan membutuhkan platina itu sendiri. Adapun komponen yang perlu Anda persiapkan untuk membuat strum ikan dengan cdi motor yakni sebagai berikut.

  • Akumulator atau Accu 10 Ah (gunakan 2 Accu untuk mendapatkan hasil yang maksimal)
  • Platina yang dapat dikombinasikan dengan CDI motor bekas
  • Condensator sebagai filter
  • Saklar yang masih berfungsi guna menyalakan dan mematikan saluran Accu
  • Jaing dan Stik sebagai output

Sebenarnya untuk Platina sendiri tidak diharuskan, karena dengan CDI motor bekas saja Anda sudah dapat mengontrol vollage serta frekuensi yang dihasilkan oleh rangkaian atau output. Nah jika semua komponen diatas telah Anda siapkan, kini Anda sudah siap untuk membuat strum ikan dengan mudah dan praktis tanpa harus menggunakan platina.

     Baca Juga

Cara Membuat Setrum Ikan Dengan Cdi Motor

Teknik pembuatan strum ikan sendiri dengan memanfaatkan cdi motor sebenarnya merupakan hal yang tidak sulit, hanya saja dalam hal ini kita perlu memiliki keterampilan serta ketelitian ketika membuatnya. Adapun rangkaian skema dari strum ikan yang bisa Anda perhatikan yakni sebagai berikut.

Cara Membuat Setrum Ikan Dengan Cdi Motor

Terlihat dari rangkaian diatas, pada bagian platina kita bisa menggantinya dengan CDI motor. Dengan demikian Anda tidak perlu lagi harus menggunakan platina, sementara beriktu ini langkah-langkah kumparan sebagai cara membuat strum ikan tanpa platina :

  1. Pertama siapka inti besi lunak
  2. Lapisi inti besi tersebut menggunakan prespan (Anda dapat menggunakan kertas semen untuk melapisi inti besi)
  3. Kemudian gulunglah kawat email dengan rapih tanpa adanya sedikit celah pada inti besi yang sebelumnya telah Anda lapisi dengan prespan atau kertas semen
  4. Ulangi langkah 2 hingga 3 untuk mendapatkan tiga lapisan antara gulungan kawat email dan lapisan prespan
  5. Selanjutnya gulunglah kembali kawat email baru diatas lilitan primer (gulung hingga mendapatkan 5-6 lapisan)
  6. Sementara kedua ujung kumparan akan digunakan sebagai terminal coil sekunder
  7. Selesai

perlu diingat, besar kecilnya kawat email dapat berpengaruh pada output itu sendiri. Untuk itu ketika proses pelilitan, ukurlah tegangan dan arus output dengan bantuan multimeter. Sementara biasanya ukuran kawat email untuk kumparan sendiri yakni berdiameter 0,6mm. Sedangkan pada kawat email skunder biasanya berdiameter 0,9mm.

Selain menggunakan teknik diatas, untuk mengubah output sendiri dapat dilakukan dengan cara mengganti ukuran diameter kawat email sesuai dengan yang kita inginkan. Kami rasa hanya itu saja tutorial lengkap mengenai bagaimana Cara Membuat Setrum Ikan Dengan Cdi Motor, trik diatas sebenarnya mudah untuk dipahami namun jika Anda seorang pemula kami rasa cukup susah untuk memahami istilah-istilah diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *