Cara Mengaktifkan Windows Defender

Cara Mengaktifkan Windows Defender

Posted on

Cara Mengaktifkan Windows Defender – Windows Defender ini adalah program Antivirus default yang ada pada sistem operasi Windows. Apabila Anda menggunakan sistem operasi Windows 10, Anda juga harus tahu bagaimana untuk mengaktifkanya.  Windows Defender ini sudah memiliki perlindungan dasar pada komputer atau laptop Anda. Tetapi, masih banyak pengguna sistem operasi windows yang lebih memilih menggunakan Antivirus lain karena masih kurang percaya dengan kemampuan defender Windows ini.

Windows Defender juga meskipun termasuk salah satu  Antivirus terbaik untuk windows 10  tapi berdasarkan penelitian untuk kemampuan Windows Defender ini masih kalah dengan antivirus lainnya seperti antivirus jenis Avira dan Avast. Tetapi Anda tak usah khawatir meskipun antivirus Windows Defender ini kurang bagus dengan antivirus lainnya bukan berarti tidak mempunyai kemampuan, tentunya antivirus yang merupakan aplikasi bawaan windows 10 ini cukup baik dalam menangani malware dan virus yang dapat mengancam komputer Anda.

Jika memang di computer atau laptop Anda belum terinstall antivirus seperti Avira, Avast, dan antivirus yang lainnya sebaiknya Anda memang lebih memilih dengan Cara Mengaktifkan Windows Defender ini untuk di aktifkan. Selain Anda tidak perlu mendownload dan menginstall Windows Defender, aplikasi bawaan dari windows ini tidak perlu aktivasi dan dapat langsung mengaktifkan saja dan kita sudah dapat menggunakannya secara full atau menggunakan semua fitur yang tersedia dari Windows Defender ini.

      Baca Juga

Cara Mengaktifkan Windows Defender

Berbeda lagi bila Anda mendownload antivirus yang kebanyakan menggunakan kode aktivasi, yang mana kode tersebut tidak dapat didapatkan secara gratis alias kita harus membayar terlebih dahulu, dan lebih baik Anda memilih dengan Windows Defender ini. Sebelum Anda mengaktifkan Windows Defender ini, Anda harus mengecek terlebih dahulu apakah Windows Defender Anda benar-benar aktif atau belum aktif. Untuk mengenai tutorialnya,  Anda bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Jika Windows Defender dalam kondisi aktif, pada bagian Virus Protection Anda akan melihat lcon Windows Defender yang bertuliskan “Windows Defender is helping to protect your PC”. Maka Anda tidak perlu mengaktifkannya kembali.

Cara Mengaktifkan Windows Defender

  • Tetapi jika Windows Defender belum aktif, biasanya karena terdapat aplikasi antivirus lainnya yang sudah terinstall di Komputer atau laptop Anda. Pada Virus Protection yang tertulis aplikasi antivirus apa yang sudah terinstall di komputer atau laptop. Sebagai contoh Anda bisa lihat pada gambar berikut seperti antivirus yang sudah terinstall adalah AVG.

Cara Mengaktifkan Windows Defender

  • Jika antivirus seperti AVG atau antivirus jenis lainnya masih terdapat di computer atau laptop ANda, Windows Defender tidak dapat Anda aktifkan. Sebagai solusinya, Anda harus menghapus terlebih dahulu AVG atau antivirus jenis lainnya melalui Control Panel >> Programs >> Uninstall a program.


Cara Mengaktifkan Windows Defender

  • Jika Anda sudah menghapus antivirus atau antispyware lain yang terdapat di computer atau laptop Anda,kemudian Anda ketikkan lagi “Defender” di pencarian Windows, atau cari Defender di menu Start. Pada saat Windows Defender sudah terbuka, Anda sudah dapat mengaktifkan Windows Defender tersebut dengan cara klik tombol Turn on. Atau dapat juga mengaktifkannya dengan membuka Settings di Windows Defender.

Cara Mengaktifkan Windows Defender

  • Karena selama ini Anda belum pernah menggunakan Windows Defender sebagai antivirus Komputer atau laptop Anda (Defender tidak aktif), maka sudah dipastikan database virus tidak UpToDate. Coba lihat saja Virus dan Spyware Definitions tertulis sudah OutOfDate. Karena itu di sarankan untuk segera memperbaruinya dengan cara Klik tombol Check for Updates. Jika Windows Defender sudah Anda perbarui, maka akan berubah statusnya menjadi Up to date.

Cara Mengaktifkan Windows Defender

Dengan begitu Anda dapat menggunakan antivirus bawaan sistem operasi Windows, dan Anda tidak perlu menggunakan aplikasi antivirus lainnya. Demikianlah ulasan tentang Cara Mengaktifkan Windows Defender Semoga bermanfaat bagi Anda.

One thought on “Cara Mengaktifkan Windows Defender

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *