Cara Mengatasi Error 505 di Playstore

Cara Mengatasi Error 505 di Playstore

Posted on

Cara Mengatasi Error 505 di Playstore – Kesalahan Google Play Store 505 biasanya terjadi pada Smartphone berbasis Android dengan OS 5.0 Lollipop. Dimana masalah umum tersebut terjadi ketika pengguna hendak melakukan pembaruan ataupun menginstal aplikasi, bahkan pesan eror tersebut juga seringkali muncul dimana ketika pengguna akan menginstal aplikasi yang berbasis Adobe Air. Berikut juga beberapa penyebab lain terjadinya kesalahan tersebut.

Penyebab Kesalahan Eror 505 di Google Play Store

  1. Google Play Store tidak diperbarui ke versi terbaru
  2. Pembaruan sistem pada perangkat Anda
  3. Masalah sinkronisasi akun Google
  4. Cache terlalu penuh dan data mengalami crash
  5. Ketidakcocokan antara aplikasi dengan versi Android Anda
  6. Aplikasi yang di Instal merupakan aplikasi yang lama

Cara Mengatasi Error 505 di Playstore

Jika Anda mengelami masalah tersebut, cobalah ikuti beberapa solusi dibawah ini untuk mengatasinya. Cobalah melakukanya satu demi satu hingga Anda menemukan metode yang berhasil untuk masalah tersebut.

     Baca Juga


  Solusi 1 :    Restar Android Anda

Merestar Android adalah salah satu solusi paling mendasar untuk mengatasi kesalahan 505 yang terjadi di Google Play Store pada ponsel Android. Yang dimaksud merestar disini adalah memuat ulang Android bukan melakukan reset pabrik, sementara untuk melakukanya silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Tekan tombol “Turn Of” pada Android Anda
  • Maka akan muncul pilihan, klik “muat ulang ponsel/restar”
  • Tunggu beberapa saat hingga ponsel Android kembali menyala
  • Silahkan coba melakukan instal aplikasi pada Google Play Store


  Solusi 2 :    Hapus Cache dan Data Playstore

Jika langkah pertama tidak menyelesaikan masalah kesalahan tersebut, maka Anda bisa mencoba solusi ke-2 ini. Karena eror 505 dapat disebabkan dengan adanya cache dan data pada aplikasi Google Play Store yang mengalami crash. Adapun beberapa langkah yang bisa Anda lakukan yakni sebagai berikut.

  • Peri ke pengaturan pada ponsel Android Anda
  • Pilih Application Manager atau Apps
  • Kemudian gulir kebawah dan cari dan klik Google Play Store
  • Sampai disni Anda akan disandingkan dalam 2 pilihan, klik “Clear Cache” dan kemudian “Clear Data
  • Selanjutnya kembali dan cari aplikasi Google Service Framwork dan Download Manager kemudian lakukan langkah yang sama seperti step ke-empat diatas.


  Solusi 3 :    Konfigurasi Ulang Akun Google

Karena eror 505 pada Google Play Store bisa terjadi oleh masalah sinkronisasi akun Google, maka Anda bisa melakukan konfigurasi ulang akun dari awal. Nah untuk melakukan langkah tersebut, silahkan ikuti beberapa step dibawah ini.

  • Pertama pergi ke pengaturan
  • Tap pada pilihan Google dibawah Accounts Section
  • Selanjutnya pilih akun Google Anda dan klik Remove Account
  • Terakhir silahkan restar Android dan lakukan konfigurasi akun Google Anda kembali
  • Selesai


  Solusi 4 :    Reset ke Pengaturan Pabrik

Jika semua solusi diatas sama sekali tidak membuahkan hasil yang sesuai untuk memperbaiki masalah ini, maka Anda bisa melakukan reset ulang Android ke pengaturan pabrik. Solusi ini juga menjadi salah satu metode terakhir yang bisa Anda coba, dan beberapa orang yang sudah melakukan langkah ini terbukti berhasil untuk menyelesaikan kesalahan 505 di Playstore.

  • Sebelum melakukan reset pabrik, sebaiknya backup semua data terlebih dahulu. Karena setelah melakukan langkah ini, semua data termasuk foto dan video akan terhapus pada ponsel Android Anda
  • Untuk mencadangkan semua data, Anda bisa menggunakan layanan Google Drive atau Anda lakukan pemindahan data pada memori card

Itulah beberapa solusi yang bisa Anda coba sebagai penyelesaian masalah tentang Cara Mengatasi Error 505 di Playstore. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai hal tersebut, Anda bisa memberikan pertanyaan pada kolom komentar dibawah ini dan kami akan senang untuk menjawabnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *