Cara Mengobati Sakit Kepala Sebelah Kiri

Cara Mengobati Sakit Kepala Sebelah Kiri

Posted on

Cara Mengobati Sakit Kepala Sebelah Kiri – Rasa nyeri pada bagian kepala dan leher bisa disebabkan oleh berbagai macam hal misalnya seperti migren, kurangnya tidur pada malam hari dan masih banyak penyebab lainya. Selain itu efek nyeri dari sakit kepala sendiri bisa timbul di beragam bagian tertentu seperti pada bagian belakang, depan, bahkan kanan dan kiri. Nah pada artikel ini, Sejutasolusi.com telah memberikan tips bermanfaat untuk meredakan rasa nyeri pada bagian kepala sebelah kiri.

Sementara untuk mulai mengobatinya, tentunya Anda perlu mengetahui terlebih dahulu beberapa penyebab yang paling umum terjadinya sakit kepala pada bagian tersebut. Nah berikut ini beberapa diantaranya :

  • Migrain – Sakit kepala ini hanya menyerang pada bagian satu sisi saja, termasuk bagian kiri kepala. Biasanya penderita migrain akan merasakan sakit kepala yang disertai dengan mual, muntah-muntah, penglihatan yang kurang stabil dan rasa sakitnya bisa terjadi selama beberapa jam bahkan hingga lebih dari 3 hari. Kondisi tersebut biasanya dipicu oleh alkohol, stres, makanan, dan hormon.
  • Stroke ringan – Hal ini disebabkan dengan tertutupnya aliran darah menuju otak yang disebabkan oleh gumpalan darah, sehingga oksigen dan nutrisi yang masuk akan berkurang dan mengalami keterlambatan.
  • Tumor otak – Rasa nyeri pada bagian kepala sebelah kiri juga bisa disebabkan oleh adanya sel tumor pada otak, dimana ketika tumor tersebut mulai membesar maka struktur tengkorak akan menjadi padat hingga menyebabkan rasa sakit kepala sebelah.
  • Sinusitis – Gejala sakit kepala yang disebabkan oleh sinusitis akan menyebabkan sinus pada bagian kepala mengalami peradangan, terinfeksi atau alergi.
  • Sakit kepala klaster – Pria biasanya lebih sering akan mengalami sakit kepala jenis ini, karena dipicu dengan kebiasaan sehari-hari seperti merokok, narkoba, terkena cuaca panas, dan silaunya cahaya. Selain itu, sakit kepala jenis ini juga cukup diyakini sejak lama sebagai penyakit turunan.
  • Sakit kepala tegang – Jenis sakit kepala ini merupakan penyebab yang paling umum, karena memang dimana disebabkan oleh kebiasaan kita sehari-hari seperti kurang tidur, telat makan, stres, dan ketegangan pada otot. Sementara itu gejala yang sering dialaminya yakni sakitnya bagaian tertentu pada kepala yang disertai sakit pada leher dan bahu.

Itulah beberapa penyebab yang biasa terjadi sehingga menimbulkan sakit pada kepala sebelah kiri. Adapun pemicu lainya seperti mengkonsimsi obat-obatan, dehidrasi, berhubungan intim, tekanan darah tinggi, aneurisma, penyakit jantung dan kondisi badan yang kurang stabil.

Cara Mengobati Sakit Kepala Sebelah Kiri

Untuk lebih jelas mengetahui penyebab terjadinya sakit kepala ini, Anda bisa berkonsultasi pada dokter. Dimana ketika Anda konsultasi maka dokter akan menanyakan ciri-ciri gejala penyakit yang Anda alami bahkan biasanya dokter akan melakukan beberapa tes khusus. Adapun beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk meredakan rasa nyeri penyakit ini yaitu sebagai berikut.

1. Konsumsi Obat Pereda Ibufrofen

Jika sakit kepala yang Anda alami disebabkan oleh Migrain, Anda dapat mengurangi rasa nyerinya dengan menggunakan beberapa obat pereda seperti Ibufrofen, atau naproxen. Selain itu Anda juga bisa mencegahnya dengan mengurangi pemakaian hormon enstrogen (alat kontrasepsi).

2. Kurangi Memakan Es Krim

Meskipun terlihat sepele, namun faktanya es krim sendiri dapat menyebabkan sakitnya pada kepala sebelah kiri. Dimana adanya asupan zat yang dapat menyebabkan saraf pada kepala menjadi tegang, sehingga rasa sakit pun akan selalu terasa. Untuk itu cobalah untuk mengurangi asupan es krim untuk meredakan dan mencegah terjadinya penyakit ini.

     Baca Juga

3. Tidur Yang Cukup

Jika Anda seringkali tidur pada larut malam, maka mulailah untuk tidur lebih awal dan sebisa mungkin hindari juga asupan rokok, kafein serta minuman yang beralkohol. Karena memang seringnya tubuh menerima asupan ketiga bahan tersebut akan mengakibatkan aliran darah yang kotor, bahkan dapat mengiritasi dinding arteri.

4. Perbanyak Minum Air Putih

Dengan minum air putih yang cukup dapat memungkinkan peredaran darah Anda akan lebih lancar, dan tentunya akan menghindari tubuh kita dari kekeringan atau dehidrasi. Selain itu minum air putih dengan cukup juga bisa menyehatkan pembuluh arteri yang mana menjadi salah satu pemicu sakitnya kepala pada bagian sebelah kiri.

5. Kurangi Stres

Terlalu stres atau banyak pikiran dapat menyebabkan ketegangan saraf dan otot kepala, untuk itu cobalah untuk mengrangi rasa stres dengan cara yang baik misalnya berolahraga, atau releksasi ke tempat tertentu. Sehingga dengan suasana yang baru dan menyenangkan akan membuat kita merasa semangat serta pikiran akan lebih jernih tentunya.

Sementara jika sakit kepala yang Anda alami merupakan penyebab dari tumor ataupun stroke, ada baiknya Anda segera meminta ditangani oleh tim medis.

Sakit kepala sebelah kiri memang merupakan salah satu gejala yang sering dianggap biasa. Meskipun demikian ternyata ada beberapa kondisi serius yang memang ditandai oleh gejala tersebut. Kami rasa hanya itu saja yang dapat diulaskan melalui panduan lengkap tentang tips  Cara Mengobati Sakit Kepala Sebelah Kiri, silahkan bagikan artikel ini jika bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *