Cara Mereset Printer Canon Ip2770

Posted on

Cara Mereset Printer Canon Ip2770 – Printer merupakan alat cetak yang dapat menampilkan data atau catatan yang berbentuk teks ataupun gambar dalam sebuah kertas. Selain itu printer juga terbagi dalam beberapa bagian misalnya penggentil (picker) yang berfungsi untuk mengambil kertas dari tray atau baki (tempat menyimpan kertas), tinta sebagai alat cetak dan sebagainya. Bukan hanya itu printer juga terdiri dari beberapa jenis, dan tentunya masing-masing mempunyai kelebihan serta kekurangan yang berbeda-beda.

Meskipun saat ini sudah banyak merk printer yang terbilang baik dan awet untuk digunakan, namun beberapa kerusakan yang memang paling umum tidak bisa terhindari walaupun printer tersebut dirasa cukup kuat. Nah salah satu kerusakan yang sering terjadi atau eror yakni dengan munculnya pesan Error 5200 Waste ink Tank Absorber Full pada printer khususnya Canon Ip2770. Nah kerusakan tersebut biasanya diakibatkan oleh beberapa penyebab, dan tentunya dapat menghambat pekerjaan kita.

Umumnya karena sebagua besar printer disetting oleh pabrik dengan adanya batasan cetakatau counter. Yang artinya ketika batasan pencetakan habis atau maksimal, maka printer tersebut akan memberikan pesan eror. Nah agar printer tersebut dapat berjalan normal kembali, maka pengguna perlu melakukan pengembalian data ke awal atau reset ulang. Sementara indikasi lain pinter perlu di reset selain munculnya pesan eror seperti yang kami singung diatas yakni ketika printer dihidupkan maka hanya muncul blank dan jika dicoba untuk melakukan pencetakan maka printer itu akan menampakan pesan eror 5B00.

       Baca Juga

Jika Anda salah satu dari pengguna printer Canon Ip2770 yang mengalami kerusakan jenis ini, ada baiknya Anda terus membaca artikel ini hingga selesai. Karena dibawah ini kami telah memberikan panduan yang tepat dan lengkap sebagai cara mengatasi Error 5200 Waste ink Tank Absorber Full pada printer Canon Ip2770. Sementara untuk cara memperbaikinya sendiri yakni dengan meresetnya entah itu secara manual ataupun dengan bantuan software.

Cara Mereset Printer Canon Ip2770

Sebelum Anda melakukan riset, pastikan terlebih dahulu bahwa printer ip2770 sudah dalam keadaan service mode, adapun caranya yakni sebagai berikut.

Cara Agar Printer Dalam Keadaan Service Mode

  1. Pastikan printer dalam keadaan mati, sementara kabel powernya masih menancap di stop kontak
  2. Tekan dan tahan tombol Resume selama 3 detik
  3. Ketika Anda sedang menekan tombol Resume, secara bersamaan tekan juga tombol power higga lampu led menyala dengan warna hijau
  4. Lepas tombol resume, sementara tombol power masih dalam keadaan ditekan
  5. Tekan lagi tombol resume selama 5 kali yang sementara tombol powernya masih dalam keadaan ditekan
  6. Selanjutnya lepas kedua tombol tersebut secara bersamaan
  7. Indikasi langkah ini berhasil yakni dengan menyalanya lampu led berwarna hijau, sementara pada komputer akan terdeteksi dengan munculnya pesan new hardware found.

Jika Printer Canon IP2770 yang Anda gunakan sudah dalam keadaan service mode, maka silahkan lanjutkan ketahap pemilihan metode mana yang hendak digunakan untuk meresetnya.

Mereset Printer Canon Ip2770 Manual

Untuk mulai melakukan langkah ini, Anda memerlukan sebuah software atau aplikasi bantuan. Namun tidak perlu khawatir, karena software ini bisa didapatkan secara gratis. Adapun langkah-langkahnya yakni sebagai berikut.

  • Download terlebih dahulu softwarenya Disini
  • Jika sudah selesai mendownloadnya, maka silahkan extract software tersebut dan jalankan
  • Siapkan terlebih dahulu dua kertas kosong untuk tahap resetnya
  • Jika semua sudah siap, maka buka aplikasinya dan pada halaman pertama klik tombol “Main
  • Maka printer akan melakukan proses print dengan satu lemabar kertas yang berisikan teks seperti gambar berikut

Cara Mereset Printer Canon Ip2770

  • Kemudian dilanjut dengan klik tombol “EEPROM Clear“, untuk lebih jelasnya silahkan ikuti intruksi dari gambar berikut

Cara Mereset Printer Canon Ip2770

  • Terakhir silahkan klik tombol “EEPROM” seperti petunjuk no 3 pada gambar diatas, maka secara otomatis Printer Canon Ip2770 akan melakukan print dengan teks seperti berikut

Cara Mereset Printer Canon Ip2770

  • Nah sampai disini Anda kini sudah berhasil melakukan reseting pada printer tersebut, dan untuk membuktikan keberhasilanya Anda dapat melakukan pengecekan dengan mematikan printer kemudian menghidupkanya kembali untuk mulai test mencetak decument.

Nah itulah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki printer yang blank atau eror. Kami rasa cukup itu saja yang bisa disampaikan melalui panduan ini tentang solusi Cara Mereset Printer Canon Ip2770, dan harapan kami setelah Anda melakukan tutorial diatas printer milik Anda bisa beroprasi kembali.

 

Source : utopicomputers.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *