Cara Registrasi Ulang Kartu SIM Prabayar Simpati, As, XL, Indosat, Smartfren, dan Tri

Cara Registrasi Ulang Kartu SIM Prabayar Simpati, As, XL, Indosat, Smartfren, dan Tri

Posted on

Cara Registrasi Ulang Kartu Simpati dan AS Agar Tidak Diblokir – Mulai tanggal 3o oktober 2017 pemerintah memberikan peraturan untuk para pengguna kartu seluler prabayar  melakukan registrasi ulang kartu perdana mereka, baik itu provider Telkomsel, XL, Axis, 3 dan sebagainya. Selain itu, registrasi ulang yang diberlakukan saat ini harus sesuai dengan data dari identitas yang ada seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan juga Kartu Keluarga (KK).

Siapa Yang Harus Melakukan Pendaftaran Ulang Kartu Seluler ?

Semua pengguna kartu prabayar diwajibkan untuk registrasi ulang, baik itu pengguna kartu lama maupun kartu yang baru dibeli. Sementara batas waktu yang ditentukan yakni hingga 28 Februari 2018, dan jika hingga waktu tersebut Anda belum melakukan registrasi ulang maka kartu sim yang Anda gunakan akan masuk dalam masa tenggang dengan waktu 60 hari.

Masa tenggang yang diberlakukan juga dibagi menjadi 3 tahapan yakni sebagai berikut :

  • 30 hari pertama kartu tidak dapat digunakan untuk melakukan aktivitas nelpon dan sms keluar
  • 15 berikutnya kartu tidak lagi bisa digunakan untuk menerima telpon ataupun sms masuk
  • 15 hari terakhir akses internet pada kartu SIM tersebut akan dimatikan dan nomor sepenuhnya akan diblokir

Tujuan adanya registrasi ulang ini untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para pengguna jasa telekomunikasi sebagai perlindungan terhadap Spam, penipuan serta sms yang tidak bertanggung jawab seperti yang dikatakan oleh Noor Iza yang dikutip tribunnews.com

Registrasi kali ini akan mensinkronisasi data dari identitas sipemilik kartu dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) di Kementrian Dalam Negri. Sehingga akan memberikan ketepatan atas identitas yang jelas siapa pemilik kartu tersebut.

Cara Registrasi Ulang Kartu SIM Prabayar Simpati, As, XL, Indosat, Smartfren, dan Tri

Cara Registrasi Ulang Kartu SIM Prabayar Simpati, As, XL, Indosat, Smartfren, dan Tri

Sebenarnya cara melakukan registrasi pada setiap provider dapat dilakukan dengan cara yang sama, hanya saja terdapat perbedaan pada format penulisan SMS. Adapun format penulisan registrasi ulang masing-masing oprtator yaitu sebagai berikut.


  Metode 1 :    Untuk Pelanggan Baru

Registrasi ulang untuk para pelanggan baru (pembeli kartu SIM perdana) dapat dilakukan setelah aktivasi awal. Setelah nomor pada ponsel aktif dan dapat digunakan, silahkan mengirim SMS ke 4444 dengan format seperti berikut :

1. Pengguna kartu SIM prabayar Telkomsel (kartu SimPATI dan AS):

Ketik REG<spasi>(16 digit NIK)#(16 digit nomor KK)#

2. Pengguna kartu SIM prabayar XL Axiata (XL dan Axis):

DAFTAR#(16 digit NIK)#(16 digit nomor KK)

3. Pengguna kartu SIM prabayar (IM3, Mentari), Tri, dan Smartfren:

16 digit NIK#16 digit nomor KK#


  Metode 2 :    Untuk Pelanggan Lama

Bagi pengguna karu seluler prabayar yang sebelumnya telah memiliki kartu SIM aktif baik itu sebelum 31 oktober 2017 diwajibkan untuk melakukan registrasi. Caranya cukup kirimkan SMS ke 4444 dengan format seperti berikut.

1. Registrasi kartu SIM prabayar Telkomsel (Simpati dan AS):

ULANG<spasi>16 digit NIK#16 digit nomor KK#

2. Registrasi kartu SIM prabayar XL Axiata (XL dan Axis) :

ULANG#16 digit NIK#16 digit nomor KK

3. Registrasi kartu SIM prabayar Indosat (IM3, Mentari), Tri, dan Smartfren:

ULANG#16 digit NIK#16 digit nomor KK#

Setelah Anda mengirimkan SMS registrasi ulang ke 4444, maka Anda akan mendapatkan balasan dari nomor tersebut terkait dengan informasi berhasil atau tidaknya registrasi ulang yan dilakukan. Memberikan kepalsuan atas nomor KTP dan KK ketika registrasi ulang ini akan menyebabkan kegagalan, karena oprator akan mencocokan data yang Anda kirimkan dengan data yang ada pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil)

Itulah langkah-langkah tetang Cara Registrasi Ulang Kartu SIM Prabayar Simpati, As, XL, Indosat, Smartfren, dan Tri yang wajib Anda lakukan setelah 31 oktober 2017. Masih bingung dengan panduan diatas? silahkan lihat video dibawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *