Tata Cara Sholat Dhuha Dan Bacaannya

Posted on

Tata Cara Sholat Dhuha Dan Bacaannya – Sholat yang dapat dikerjakan minimal 2 rokaat dan maksimal 12 rokaat ini masing-masing rokaatnya juga di akhiri dengan satu salam. Kamu muslim tentunya sudah mengetahui keutamaan dari sholat ini, yang mana dapat melancarkan, mempermudahkan serta melapangkan dalam menghapus dosa, rezeky. pahala tambahan sholat sunah dan sebagainya. Sementara manfaat yang paling utama dari sholat Dhuha ini yakni untuk mempermudah rezeky kita, seperti yang mana menurut sabda Nabi Muhamad Shallallahu Alaihi Wasallam “Sholat Dhuha dapat mendatangkan rezeky dan dapat menolak kekafiran, serta tidak ada yang memelihara Sholat Dhuha ini terkecuali orang-orang yang bertaubat.

Meskipun demikian, kami rasa tidak sedikit umat muslim ataupun mereka yang baru masuk muslim mengetahui cara pengerjaan Sholat Dhuha serta bacaanya, untuk itu dibawah ini kami telah memberikan Tata Cara Sholat Dhuha Dan Bacaannya yang lengkap. Dengan demikian Anda dapat langsung mempraktekanya setelah membaca artikel panduan ini. Adapun waktu mengerjakanya sendiri yakni ketika matahari sedang terbit atau pada pukul 07.00 pagi dan di utamakan mengerjakan pada pukul 08.00 – 10.00 pagi.

Sementara untuk cara pengerjaanya sendiri yakni sama dengan sholat pada umumnya, yang mana diawali dengan bacaan niat, membaca surat Al Fatihah yang diteruskan dengan membaca suratan, Ruku, Itidal, Sujud serta salam. Namun yang membedakanya yakni adanya terdapat bacaan-bacaan tertentu baik itu ketika membaca niatnya maupun setelah melakukan Sholat Dhuha, untuk lebih memperjelasnya silahkan lihat ulasan dibawah ini.

       Baca Juga

Tata Cara Sholat Dhuha Dan Bacaannya

Seperti pada umumnya, sebelum mengerjakan sholat kita perlu membaca niatnya terlebih dahulu. Nah berikut beberapa tahap-tahap lengkap yang perlu diterapkan ketika ingin mengerjakan Sholat Sunah Dhuha ini.

Bacaan Niat Sholat Dhuha Lengkap

Tata Cara Sholat Dhuha Dan Bacaannya

“Ushalli Sunnatadl Dluhaa Rak’ataini lillaahi Ta’aalaa, Allahu Akbar ” yang artinya Saya niat Sholat Dhuha dua rokaat karena Allah Ta’ala, Allah Maha Besar.

  • Setelah Anda membaca niat seperti diatas, dilanjutkan dengan membaca surat Al-Fatithah
  • Pada rokaat pertama setelah membaca Al-Fatihah, dilanjut dengan membaca surat Asy Syamsu (Wasy Syamsi Wadluhaaha) untuk lebih jelasnya berikut bacaan surat tersebut

Tata Cara Sholat Dhuha Dan Bacaannya

  • Jika telah selesai membaca surat diatas, maka dianjutkan dengan gerakan serta bacaan sholat pada umumnya seperti Ruku, Itidal Sujud dan melanjutkan ke Roka’at kedua
  • Nah pada roka’at kedua setelah membaca surat Al-Fatihah, kemudian dilanjut dengan membaca Surat Adl-Dluha (Wadl Dluhaa Wal Laili) seperti berikut

Tata Cara Sholat Dhuha Dan Bacaannya

  • Selanjutnya lakukan tahap demi tahap seperti Sholat pada umumnya, dan hingga diakhiri dengan salam

Bacaan Setelah Sholat Dhuha Terlengkap

Nah setelah Anda melakukan sholat sunah Dhuha dua rokaat, kemudian duduklah dengan khusyu atau konsentrasi yang dibarengi dengan membaca Dzjikir seperti Istigfar 1oo kali dan Sholawat Nabi sebanyak 32 kali, bacaan Tasbih serta Tahmid untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah. Adapun bacaan Sholat Dhuha setelahnya yakni sebagai berikut.

Tata Cara Sholat Dhuha Dan Bacaannya

Setelah melakukan Sholat Dhuha serta mengikuti bacaanya seperti diatas, ada baiknya Anda memperbanyak membaca Dzjikir, karena memang manfaat serta keistimewaan Dzjikir sendiri sangat banyak jadi cukup disayangkan jika kita tidak membaca Dzjikir baik itu pada Sholat Sunah maupun Sholat Wajib. Kami rasa hanya itu saja yang dapat disampaikan melalui panduan singkat atau solusi tentang Tata Cara Sholat Dhuha Dan Bacaannya, dan mudah-mudahan artikel ini dapat dijadikian referensi serta selalu diamalkan khususnya Anda yang sedang mencari panduan Sholat Dhuha.

 

Sumber : http://rukun-islam.com/cara-mengerjakan-sholat-dhuha/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *