Tata Cara Sholat Istiqarah

Posted on

Tata Cara Sholat Istiqarah – Sholat Istiqarah merupakan sholat sunah 2 roka’at yang dijalankan oleh kaum muslim guna meminta petunjuk kepada Allah Swt. Dalam artian lain, ketika kita sedang bingung menentukan berabgai macam hal atau merasa ragu ingin memutuskan hal tersebut maka kita dapat melakukan Sholat sunah ini. Sementara untuk prihalnya sendiri tidak dibatasi, entah itu problem pekerjaan, jodoh dan sebagainya.

Pada intinya Sholat Istiqarah dilakukan untuk meminta permohonan berupa petunjuk kepada yang maha kuasa Allah Swt, sehingga urusan atau problem tersebut akan mendapatkan ridho serta Allah akan mempermudah jalan tersebut. Sementara untuk waktu pelaksanaanya sendiri dapat dilakukan kapan saja, baik itu siang ataupun malam. Namun demikian waktu pengerjaan yang dianjurkan yakni pada malam hari atau pertengahan malam, karena pada waktu tersebut kita bisa mengerjakanya lebih khusyu.

Bagi kaum muslimin tentunya tata cara Sholat Istiqarah ini dirasa sudah sangat akrab, namun begitu mungkin beberapa dari kita yang belum pernah mengerjakanya akan sedikit bingung. Untuk itu dalam artikel ini, Sejutasolusi.com akan mengajarkan Anda tentang bagaimana cara mengerjakan Sholat Sunah Istiqarah yang baik dan benar menurut ajaran Agama Islam.

Pada umumnya Sholat Istiqarah ini sama dengan Sholat pada umumnya, dimana diawali dengan membaca niat Sholat kemudian dilanjutkan membaca Surat Al Fatihah. Untuk lebih jelas mengenai semuanya, dibawah ini kami telah memberikan panduan yang mungkin cukup mudah untuk dimengerti serta lengkap dengan bacaan niat, setelah sholat. Berikut selengkapnya.

Tata Cara Sholat Istiqarah Yang Baik dan Benar

Seperti yang sudah kami singgung diatas, bahwa waktu pengerjaan yang dianjurkan yakni pada pertengahan malam hari. Jadi silahkan Anda hafalkan terlebih dahulu bacaan niat serta doa setelah sholatnya, berikut lebih lengkapnya.

1. Bacaan Niat Sholat Istiqarah

Tata Cara Sholat Istiqarah

 

  • Setelah membaca bacaan niat diatas, dilanjutkan dengan membaca Surat Al Fatihah
  • Kemudian pada roka’at pertama setelah membaca surat Al Fatihah dilanjut dengan Surat Al Kafirun
  • Sementara untuk roka’at keduanya membaca Surat Al Fatihah yang dilanjut dengan Al Ikhlas
  • Nah untuk pengerjaan lainya, sama dengan sholat pada umumnya

2. Doa Setelah Sholat Istiqarah

Setelah selesai melaksanakan sholat sunah Istiqarah dua rokaat, dilanjutkan dengan membaca doa setelah sholat. Silahkan melakukan Dzikir seperti Sholawat Nabi, Istigfar, Tamhid, Tasbih, serta membaca surat Al Fatihah guna mendekatkan hati dan diri kepada Allah Swt. Kemudian dilanjutkan dengan mambaca doa setelah Sholat Istiqarah seperti berikut.

Tata Cara Sholat Istiqarah

Jika Anda mengerjakan sholat sunah ini pada pertengahan malam hari dan Anda sudah tertidur terlebih dahulu, ada baiknya melanjutkan dengan sholat sunah Tahajud. Selain itu hal yang paling wajib adalah tidak meninggalkan sholat wajib 5 waktu. Kami rasa hanya itu saja yang dapat diberikan pada panduan tentang Tata Cara Sholat Istiqarah, dan semoga artikel ini dapat bermanfaat dan harapan kami dapat selalu diamalkan oleh kaum muslim.

2 thoughts on “Tata Cara Sholat Istiqarah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *