Tata Cara Sholat Taubat Nasuha

Tata Cara Sholat Taubat Nasuha

Posted on

Tata Cara Sholat Taubat Nasuha – Sholat sunah yang dikerjakan minimal dua roka’at serta maksimal enam roka’at ini dilakukan oleh kaum muslimin yang benar-benar ingin bertaubat. Sebenarnya, sholat sunah taubat dengan sholat sunah taubat nasuha sama saja. Karena memang kedua sholat sunah tersebut cara pengerjaanya sama, hanya saja terdapat perbedaan pada kalimat saja.

Untuk pengertianya sendiri, yakni seseorang muslim yang hendak untuk benar-benar memohon ampun atau bertaubat kepada Alloh Swt atas segala perbuatan dosa yang telah diperbuat, baik itu dosa besar maupun kecil sekalipun. Dalam artian lain setelah melakukan sholat taubat tersebut kita benar-benar berjanji tidak akan mengulangi perbuatan dosa itu. Nah untuk jenis atau kriteria dosanya sendiri itu bermacam-macam entah itu dari yang terkecil sampai besar seperti Syirik, Durhaka, Berzina, Musrik, Membunuh dan sebagainya.

      Baca Juga 

Bagi seorang muslim tentunya Tata Cara Sholat Taubat Nasuha sudah sangat akrab, namun demikian kami rasa mungkin beberapa dari kita ada yang masih bingung ketika ingin melakukan dan menjalankanya, Oleh sebab itu di artikel kali ini, kami telah menyajikan panduan yang tepat mengenai hal tersebut. Dengan begitu bagi Anda yang membutuhkan panduan ini bisa langsung mempraktekanya dengan mudah.

Sementara untuk waktu pengerjaanya sendiri itu dianjurkan dilakukan pada malam hari atau sesudah sholat Isya. Dengan begitu dapat memungkinkan kita mengerjakan sholat taubatan nasuha ini lebih khusyu serta tenang. Akan tetapi bukan berarti sholat sunah ini hanya dapat dikerjakan pada malam hari saja, karena diwaktu siang pun kita bisa mulai melakukanya.

Tata Cara Sholat Taubat Nasuha

Sebenarnya untuk cara pengerjaanya sendiri sama dengan sholat pada umumnya, hanya saja terdapat beberapa perbedaan seperti niatnya, serta terdapat bacaan doa khusus setelah melakukan sholat ini. Berikut lebih lengkap mengenai sholat taubatan nasuha.

1. Bacaan Niat Sholat Taubatan Nasuha

Tata Cara Sholat Taubat Nasuha

  • Setelah Anda membaca niat diatas, silahkan lanjutkan dengan membaca surat Al Fatihah
  • Sementar untuk suratanya sendiri dapat Anda sesuaikan sendiri
  • Lakukan tahap demi tahap seperti sholat pada umumnya seperti Ruku, Itidal, Sujud sampai salam
  • Untuk rokaatnya minimal yaitu 2 roka’at dan maksimal 6 roka’at

2. Doa Setelah Sholat Taubatan Nasuha

Tata Cara Sholat Taubat Nasuha

Setelah selesai mengerjakan sholat taubatan nasuha, maka dapat Anda lanjutkan dengan membaca Dzikir Sholawat Nabi. Jangan lupa juga untuk selalu memperbanyak membaca Istigfar setidaknya minimal 100 kali, berikut bacaanya.

Bacaan Setelah Sholat Taubatan Nasuha

Bacaan istigfar yang telah kami berikan diatas ini cukuplah lengkap dan diharapkan bisa Anda amalkan setiap hari. Selain itu untuk Bacaan Doa Setelah Sholat Taubatan Nasuha sendiri dapat dilakukan dengan bahasa Indonesia, jadi tinggal Anda menyesuaikanya sendiri. Kehusyuan serta ketenangan sangatlah dianjutkan ketika melakukan sholat sunah ini, untuk itu disarankan dikerjakanya pada malam hari.

Demikianlah artikel pada postingan ini yang mengulas tentang Tata Cara Sholat Taubat Nasuha yang lengkap dengan bacaa doanya. Mudah-mudahan artikel ini dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi kita yang ingin mencari panduan sholat sunah taubat, dan harapan penulis bacaan-bacaan diatas dapat diamalkan selalu.

One thought on “Tata Cara Sholat Taubat Nasuha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *